Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati Di Kaki

Pipsplacenyc –┬áBagi Anda yang jarang merawat kulit di kaki, sudah banyak sel mati yang menumpuk dan menyebabkan kulit hitam menebal di area ini. Bagaimana cara menghilangkan sel kulit mati untuk mengembalikan kilau kulit di kaki Anda? Simak ulasan berikut ini.

Menjaga kebersihan kulit kaki sama pentingnya dengan merawat kulit wajah. Kulit kaki yang tidak dirawat akan terlihat kusam, kering, pecah-pecah dan tebal.

Tetap saja, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara untuk menghilangkan kulit mati dari kaki Anda. Hal ini berfungsi untuk mengembalikan warna kaki agar tampak berkilau dan sehat.

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah cara untuk menghilangkan sel kulit mati dari tubuh lapisan luar kulit. Cara ini dinilai mampu merawat kulit dengan lebih baik, termasuk mengangkat sel kulit mati dari kaki.

Meski begitu, eksfoliasi harus dilakukan dengan hati-hati dan lihat kondisi kaki sebelum melakukannya.

Pengelupasan kaki juga tersedia dalam berbagai jenis seperti scrub kaki, menyikat gigi, dan menggunakan perangkat elektronik.

2. Rendam kaki Anda dalam larutan garam

Selain eksfoliasi, cara lain untuk menghilangkan sel kulit mati dari kaki Anda adalah dengan merendamnya dalam larutan garam khusus yaitu garam Epsom.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa menyeka kaki saat mandi sudah cukup. Faktanya, merendam kaki dalam campuran air dan garam Epsom dapat membantu mengelupaskan sel kulit mati.

Ini karena garam Epsom menarik kelembapan dari kulit, sehingga bakteri tidak dapat bertahan hidup lagi di kaki Anda.

3. Gunakan pelembab

Setelah melakukan eksfoliasi atau merendam kaki, Anda harus selalu menggunakan produk pelembap untuk mengangkat sel kulit mati. Dalam laporan American Academy of Dermatology, cara ini membuat kulit tetap lembap agar tetap sehat dan terhidrasi.

Sambil mengoleskan pelembap pada kaki, lakukan pijatan ringan agar kaki lebih rileks dan peredaran darah menjadi lancar.

4. Manfaatkan batu apung

Batu apung adalah jenis batuan seperti spons yang terbentuk ketika lava cair mendingin dan mengeras. Lantas apa hubungannya batu apung dengan cara menghilangkan sel kulit mati dari kaki?

Bahkan, batu apung sering digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dari tubuh yang kapalan. Penggunaan batu ini bertujuan untuk mengurangi tekanan atau gesekan yang dapat menimbulkan rasa sakit.

Selalu berhati-hati saat menggosokkan batu apung pada kulit kaki. Terlalu banyak kulit mati atau keras yang diangkat dapat menyebabkan cedera dan infeksi.

5. Gunakan cuka sari apel

Selain digunakan sebagai obat jerawat, cuka sari apel juga bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, cuka sari apel ini dapat melembutkan kaki dan mengobati tumit pecah-pecah.

Perawatan kulit kaki tidak diragukan lagi penting karena banyak bakteri dapat menempel di area tersebut. Menjaga kebersihan kulit kaki, warna kaki cerah dan mencegah masalah kulit.

Sumber: https://aiiner.com/